Air Terjun Cantik Madakaripura di Kaki Gunung Bromo

Keindahan panorama dari puncak Gunung Bromo ataupun kemegahan puncak tertinggi Jawa, Semeru, pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tidak hanya di puncak gunung, keindahan alam juga bisa Anda saksikan di kaki gunung tersebut.
Air Terjun Cantik Madakaripura di Kaki Gunung Bromo

Bila berkesempatan berkunjung ke Gunung Bromo, jangan lupa mampir ke Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru dan menawarkan pemandangan cantik dan mempesona.Lokasi Air Terjun Madakaripura tidak terlalu jauh dari Gunung Bromo, tepatnya di dekat Desa Sapih, Kabupaten Lombang. Jaraknya sekira 3 jam berkendara dari ibu kota Jawa Timur, yaitu Surabaya.

Air Terjun Madakaripura diyakini sebagai tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit yang terkenal dengan Sumpah Palapanya, demikian seperti dikutip dari Indonesia.Travel . Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya.

Lokasi air terjun spektakuler ini tersembunyi di ujung lembah yang dalam di kaki bukit Pegunungan Tengger. Untuk sampai ke air terjun ini, Anda perlu berjalan sekira 20 menit menyeberangi sungai dan jalan berbatu sebelum sampai di pintu masuk.

Meski cukup jauh, suguhan pemandangan yang hijau indah di sepanjang jalan adalah hiburan tersendiri yang dapat mengobati rasa lelah. Patung besar Patih Majapahit, Gajah Mada dalam posisi duduk meditasi akan menyapa setiap pengunjung sebelum mereka melanjutkan perjalanan lebih jauh ke pusat air terjun.

Jalur yang akan Anda lalui untuk menuju air terjun ini akan berakhir di sebuah lembah berbentuk seperti tabung dimana air terjun berketinggian 200 meter tampak gagah menjulang. Air Terjun Madakaripura bahkan dijuluki sebagai air terjun tertinggi di Jawa dan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura di dekat Danau Toba, Sumatera Utara.

Dikelilingi oleh tembok luar biasa tinggi, debit Air Terjun Madakaripura yang jatuh ke sebuah ruang alami serupa tabung tersebut terkesan mistis namun memukau siapa saja yang melihatnya. Di dalam "ruang" berketinggian 200 meter, pesona sinar matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu disertai suara gemuruh air adalah sebuah keindahan tontonan yang tidak mungkin ditemukan di tempat lain.

Sebagai tempat yang signifikan secara historis, sakral, dan kondisi alam yang memukau, Madakaripura adalah salah satu destinasi yang layak dikunjungi saat Anda datang ke Jawa Timur.